Beranda ISLAM NUSANTARA Ma’had Aly Attarmasi Gelar Sidang Risalah Ilmiah

Ma’had Aly Attarmasi Gelar Sidang Risalah Ilmiah

127
0

Pache News, Pacitan- Ma’had Aly¬†At-Tarmasi Pondok Tremas Pacitan takhasus Fiqh dan Usul Fiqh yang berkonsentrasi pada fiqih nusantara hari ini (23/6) menggelar sidang Risalah Ilmiah atau Skripsi. Ujian ini merupakan yang pertama kalinya sejak Ma’had Aly disahkan legalitasnya dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 71 Tahun 2015.

Ustadz Zanuar Mubin, salah seorang Muhadir (dosen) Ma’had Aly At-Tarmasi mengatakan, hari ini sebanyak tiga Mahasantri semester akhir diuji risalah ilmiahnya. Mereka adalah Firdaus HP asal Jakarta, Titik Dian Sari, Pekalongan dan Nurul Cabibah asal Pacitan.

“Sebenarnya ada beberapa Mahasantri lagi yang akan melaksanakan ujian risalah ilmiah, tapi belum dilaksanakan. Nanti akan dilaksanakan di lain hari. Hal ini dikarenakan mereka yang belum diuji masih berada di rumah dan belum diperbolehkan untuk kembali lagi ke pondok dikarenakan masih adanya pandemi Covid-19,” katanya.

Pelaksanaan ujian risalah ilmiah kali ini, katanya, juga menerapkan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, pakai masker dan cuci tangan sebelum masuk ruangan itu kita laksanakan.

Pengalaman ujian perdana dirasakan oleh salah seorang Mahasantri, Titik Diana Sari.

“Saya sangat deg-degan ketika risalah ilmiyah saya yang berjudul ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP WANITA DALAM MASA ‘IDDAH MELAKSANAKAN IBADAH HAJI diuji sekitar satu setengah jam di dalam ruangan dan akhirnya saya menangis haru ketika mendapat ucapan selamat kamu lulus dari para dewan penguji,” katanya.

Dia juga berpesan kepada adik kelasnya agar lebih bersemangat dan terus mengembangkan keilmuan secara luas.” Cari buku rujukan di barat (luar negeri) pun tidak apa-apa untuk wawasan lebih luas,” ungkapnya. (Mudhori Ahmad/ Zaenal Faizin)

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.