Beranda Nusantara Sosial Ingin Keluarga Sakinah, Perhatikan Tiga Segitiga Cinta Ini

Ingin Keluarga Sakinah, Perhatikan Tiga Segitiga Cinta Ini

64
0
Kasi Bimas Islam Kemenag Batang, H Sodikin

Pache News, Batang– Untuk menggapai  keluarga yang sakinah, setidaknya ada tiga komponen utama yang harus dikuatkan oleh masing-masing pasangan. Komponen itu adalah komitmen, kedekatan emosi dan gairah. Komponen perkawinan ini disebut dengan istilah segitiga cinta.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Kabupaten Batang, H Sodikin, dihadapan 15 pasangan peserta Bimbingan dan penyuluhan Keluarga Sakinah Angkatan IV yang digelar Kemenag Batang di KUA Kecamatan Reban, Rabu (30/9).

“Kebanyakan pasangan tidak memahami tiga komponen utama ini. Sehingga kehidupanya kurang harmonis,” katanya.

Segitiga cinta adalah modal dasar berumah tangga. Setiap pasangan harus sama-sama memiliki komitmen dan memandang ikatan perkawinan sebagai ikatan yang kokoh.

“Selanjutnya kedekatan emosi muncul dalam bentuk kasih sayang. Dan gairah adalah dorongan untuk mendapatkan kepuasan seksual dari pasanganya,” jelasnya.

Agar rumah tangganya harmonis, segitiga cinta harus diusahakan dan dikuatkan oleh masing-masing pasangan. “Ketiganya harus berjalan seiring. Bila ini sudah sejalan maka keluarga sakinah yang diidamkan akan mudah terwujud,” jelasnya.

Ia menjelaskan, setiap rumah tangga memiliki cerita hidupnya masing-masing. Ikatan pernikahan, menurutnya, merupakan proses berkelanjutan yang terdiri dari tahap-tahap yang memiliki tantangan yang berbeda-beda.

“Karena tidak siap mengelola tantangan, lalu mereka mudah menyerah dan memilih untuk berpisah,” ungkap alumnus IAIN Walisongo Semarang ini.

Ia berharap dengan adanya kegiatan bimbingan dan dan penyuluhan keluarga sakinah ini, para peserta mampu membangun dan mengelola dinamika dalam perkawinan. Terlebih bisa menjadi inspirasi keluarga sakinah di tengah masyarakat.

“ Yang terpenting, semoga panjenengan sepulang dari acara ini dapat menjadi konsultan keluarga sakinah di lingkungan dan jamaahnya. Agar mereka keluarga yang bermasalah dapat menyelesaikan masalahnya dengan baik dan bisa menjadi keluarga yang sakinah, diberkahi oleh Allah,” pungkasnya.

Sementara itu, Laila, salah satu peserta mengaku senang bisa mengikuti rangkaian kegiatan bimbingan keluarga sakinah ini. Materi yang disampaikan sangat dibutuhkan untuk modal dalam berumah tangga.

“Apalagi kami termasuk keluarga kecil yang belum lama menikah. Jadi kegiatan ini akan sangat bermanfaat sekali bagi kami kedepanya,” katanya.

Kegiatan bimbingan ini diikuti oleh perwakilan dari empat kecamatan, Reban, Bawang, Blado dan Pecalungan. Kegiatan berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan saling menjaga jarak. (Zaenal Faizin)

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.